TeknoLoqi.com – Ketika iPhone 5 mengalami kerusakan, tentu saja pengguna ingin berusaha untuk memperbaikinya. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan adalah mengenai biaya service. Sebelum membawa iPhone ke tempat service, pengguna perlu tahu perkiraan biaya service iPhone 5 mati total.

Setiap tempat service menawarkan harga yang berbeda untuk masalah iPhone mati total. Walaupun begitu, biasanya harga yang ditawarkan oleh service Apple resmi pasti jauh lebih mahal. Solusi lainnya, pengguna bisa mencari tempat service yang lebih murah namun terpercaya.

Biaya Service iPhone 5 Mati Total

Penyebab kerusakan yang berbeda akan berpengaruh pada biaya service. Kisaran biaya service iPhone 5 mati total yaitu mulai dari Rp500 ribu. Walaupun begitu, beberapa tempat service mungkin ada yang menawarkan harga lebih rendah atau tinggi. 

Sebagai calon pelanggan, sangat penting untuk mengetahui apa saja pelayanan yang diberikan suatu tempat service untuk menangani masalah iPhone 5 yang mati total. Dengan mengetahui perkiraan biaya service iPhone 5 mati total, Anda bisa memutuskan untuk menservicenya sekarang atau beberapa waktu kemudian.

Penyebab iPhone Mati Total

Terdapat beberapa penyebab yang membuat iPhone 5 maupun iPhone secara umum mati total. Berikut kemungkinan penyebab iPhone mati total, yaitu:

  • Baterai habis mendadak tanpa adanya pemberitahuan.
  • iPhone jatuh atau terbanting yang membuat komponen rusak.
  • iPhone terkena air.
  • Gagal saat melakukan upgrade iOS karena baterai ponsel habis.
  • Gagal melakukan upgrade iOS karena koneksi internet terputus.
  • Tidak melakukan proses jailbreak sampai selesai.
  • LCD rusak atau pecah.
  • Baterai rusak dan tidak dapat di-charge.
  • Komponen IC charger yang rusak.

Selain itu, masih ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan iPhone mati total dan tidak bisa dinyalakan. Namun, kebanyakan kasus terjadi karena penyebab tersebut khususnya untuk iPhone 5.

Cara Memperbaiki iPhone Mati Total

Setelah mengetahui biaya service iPhone 5 mati total diatas, sebelum membawanya ke tempat service iPhone, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki iPhone yang mati total. Namun, hal yang dilakukan ini beresiko bisa menghilangkan data di ponsel. Sehingga, lebih baik lakukan backup data terlebih dahulu. 

Berikut ini cara memperbaiki iPhone yang mati total, yaitu:

1. Charge iPhone selama 6 jam penuh

iPhone yang tiba-tiba mati kebanyakan disebabkan oleh baterai lemah dan langsung mati walaupun baterai masih tersisa sedikit. Masalah ini juga biasanya diikuti dengan durasi pengisian baterai yang menjadi lebih lama. 

Untuk memastikan baterai terisi dan memiliki daya yang cukup supaya bisa menyala kembali, pengguna perlu charge iPhone selama 6 jam penuh tanpa dinyalakan. Usahakan juga menggunakan kabel dan adaptor bawaan atau resmi Apple.

2. Restore data

Restore data yang dilakukan di iPhone akan mengembalikan data di ponsel seperti waktu terakhir backup. Jika pengguna belum pernah melakukan backup data maka data yang tersisa adalah data saat HP pertama kali dibuat.

3. Melakukan force restart

Metode ini dilakukan dengan cara menyalakan ulang dengan paksa. Tenang saja, pengguna tidak perlu membongkar komponen iPhone. Terdapat beberapa tombol yang perlu ditekan untuk melakukan restart ulang. 

Biasanya beda versi iPhone maka cara melakukan force start juga memiliki perbedaan.

4. Menekan tombol hold dan home

Cara ini hampir mirip dengan melakukan force restart. Tombol hold dan home memiliki fungsi untuk refresh sistem iPhone. Pengguna hanya perlu menekan tombol home dan hold dalam waktu yang sama. Tahan tombol selama beberapa detik dan lepaskan saat logo Apple mulai muncul.

5. Hubungi Apple Center

Pengguna juga bisa coba menghubungi Apple Center untuk menanyakan solusi yang tepat dari permasalahan yang terjadi. Menanyakan biaya service iPhone 5 mati total pun tidak apa-apa di Apple Center untuk mengetahui estimasi biaya di Apple Service center terdekat.

Namun jika Anda membeli dengan iPhone garansi distributor atau garansi non resmi lainya, harap hubungi penjual iPhone tersebut ya. Penjual yang bagus pastinya memiliki sistem garansi yang tidak akan mengecewakan pelanggannya.

Jika sudah berusaha namun iPhone 5 tidak kunjung menyala, pengguna bisa langsung membawanya ke tempat service. Tanyakan terlebih dahulu biaya service iPhone 5 mati total, sehingga calon pelanggan yakin ingin melakukan service iPhone mati total di tempat tersebut.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *