Cara Membuat Catatan Kaki di Word digunakan saat kita ingin menambah catatan khusus untuk kata, tabel atau beberapa point tertentu. Fitur catatan kaki Microsoft Word mudah sangat mudah dibuat dan digunakan, tetapi Anda mungkin mengalami hambatan saat ingin membuat catatan kaki maka baca tips berikut ini dengan seksama.

Microsoft Word sangat komprehensif sehingga ia dapat melakukan apa pun yang kita inginkan, walau kadang tidak selalu berhasil. Berikut pembahasan TeknoLoqi selengkapnya.

Perbedaan Catatan Kaki dan Catatan Akhir

Sekarang kita mulai membahas tentang catatan kaki di Microsoft Word, namun kita perlu memperjelas istilah catatan kaki dan catatan akhir. Anda akan menemukan keduanya di tab Referensi di grup Catatan Kaki. Satu-satu perbedaannya adalah penempatan mereka. Catatan kaki biasanya diposisikan di bagian bawah halaman, meskipun Word memungkinkan Anda untuk menempatkan catatan kaki segera setelah teks.

Catatan akhir akan muncul dibagian akhir dokumen. Cara membuat catatan kaki di Word menangani keduanya untuk Anda dengan cara yang praktis. Anda cukup memasukkan catatan sesuai pada obyek yang akan di berikan catatan khusus tersebut. Untuk urusan penomoran catatan kaki, Microsoft Word menangani semua penomoran dan penempatan melalui sistem mereka.

Jika Anda menambahkan atau menghapus catatan di antara dua catatan yang sudah ada, Microsoft Word akan memberi nomor ulang dengan tepat. Mudah bukan, semuanya tersistem otomatis oleh Microsoft Word.

Cara Membuat Catatan Kaki di Word

Sekarang, mari membuat beberapa catatan kaki ke sebuah dokumen dan lihat apa yang terjadi. Misal kita membuat sebuah dokumen yang menunjukkan golongan darah. Untuk menunjukkan bahwa Nurdin adalah supervisor, mari kita masukkan catatan kaki sebagai berikut:

  • Dalam dokumen, Blok nama Nurdin.
  • Klik tab Referensi.
  • Klik Sisipkan Catatan Kaki.
  • Saat Word menampilkan area catatan kaki, masukkan kata “supervisor”.

Mudah bukan, Silahkan dicoba segera.

Namun, jika catatan kaki digunakan untuk tabel, Anda harus lebih teliti. Bagaimana prosesnya, lanjut baca panduan ini ya.

Selain Cara membuat catatan kaki di Word, baca juga Cara Membuat Grafik di Word telah kami uraikan di artikel sebelumnya.

Cara Membuat Catatan Kaki Untuk Tabel di Word

Mudahnya cara membuat catatan kaki di word ke beberapa teks di luar tabel memang terlihat mudah. Namun, saat membuat catatan kaki dalam sebuah tabel harap berhati-hati. Agar tidak terjadi hal yang mungkin tidak seperti yang Anda inginkan.

Perhatikan List berikut :

  • Blok Kata yang akan diberikan catatan kaki jika ingin menambahkan pada kata tersebut.
  • Blok kolom jika akan memberikan catatan kaki pada kolom tersebut.
  • Blok Tabel jika tabel yang akan Anda berikan catatan kaki.
  • Lakukan langkah yang sudah kami sampaikan di atas.
  • Klik Tab Referensi > Catatan Kaki
  • Tulis catatan kaki yang ingin ditambahkan.

Jika pengaturannya berhasil itu bagus. Dalam realita, hal-hal kecil seringkali membuat seolah rumit. Misalkan Anda ingin catatan kaki tabel segera mengikuti tabel. Melakukannya hanya masalah jika dokumen memerlukan catatan kaki di luar satu tabel. Mari kita telusuri masalah itu sedikit.

Cara Menghapus Catatan Kaki di Word

Saat Anda akan menambahkan catatan kaki, Anda juga harus bisa menghapusnya. Benar kan.

Berikut cara menghapus catatan kaki di Microsoft Word :

  • Blok angka yang menunjukkan catatan kaki
  • Hapus dengan klik delete atau backspace seperti biasanya.

Jangan menghapus catatan kaki yang ada di bawah dokumen. saat Anda menghapusnya sistem belum sepenuhnya terhapus.

Itulah ulasan tentang Cara Membuat Catatan Kaki di Word untuk Pemula. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *