Cara Membuat Id Card Panitia dengan Microsoft Word 2010 seringkali dibuat saat akan ada acara tertentu. Semisal adanya ujian sekolah atau acara pelaksanaan haari besar nasional. Dengan adanya ID Card kita dapat membedakan mana peserta dan mana yang pelaksana atau panitia.

Tidak harus pesan ke percetakan yang mahal, Anda juga bisa membuat ID Card hanya dengan menggunakan Microsoft Word dan cara-caranya cukup mudah. Aplikasi sederhana ini dapat membantu Anda membuat ID Card dengan kreasi sederhana. Terlebih jika Anda memiliki kreatifitas lebih maka hasil ID Card yang dibuat nantinya pasti luar biasa.

Cara Membuat ID Card Panitia dengan Microsoft Word 2010

Biasanya Microsoft Word sering digunakan untuk membuat dokumen tertulis dan sebagainya. Tapi itu tidak semua. Microsoft word dapat digunakan untuk membuat ID Card Panitia. Dan berikut ini adalah tutorial TeknoLoqi yang bisa Anda ikuti. Teknik ini tidak hanya bisa digunakan di Microsoft 2010 saja namun biasanya terdapat perbedaan menu tampilannya atau letaknya.

1. Buka Microsoft Word

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka MS. Word di laptop atau PC Anda. Setelah halaman kosong ditampilkan, lalu arahkan kursor ke menu ‘insert’.

Tunggu beberapa saat kemudian akan muncul beberapa pilihan menu lagi. Cukup klik menu ‘bentuk’ dengan ikon bangun datar terpasang. Mengingat Anda akan membuat ID Card, maka pilihlah bentuk persegi panjang.

2. Input Manual Tool Size

Panjang dan lebar persegi panjang yang telah Anda pilih di menu ‘bentuk’, masih harus diubah ukurannya. Tujuannya agar sisi-sisinya tidak rimpang, sehingga saat dicetak terlihat sinkron satu sama lain. Sungguh tidak lucu kan, jika Kartu yang di Cetak terlihat bengkok? Setelah Anda mengklik ukuran alat manual, Anda dapat mulai menggunakan ‘aturan’ untuk mengukur ukuran.

3. Isi dan Sesuaikan Warna Kolom

Selanjutnya kita akan mengubah warna isi persegi panjang dan warna outline. Untuk mengubahnya, sebagai contoh saya gunakan warna biru dengan warna isian abu-abu. Anda dapat memilih warna sesuai dengan selera atau warna dasar yang digunakan sebagai Company Profile perusahaan Anda.

Jika Anda ingin menggunakan logo Organisasi atau Instansi pada ID Card Anda, Anda dapat menyisipkan logo tersebut dengan mengklik menu Insert. Setelah itu pilih Picture dan silahkan cari dimana letak logo di dokumen anda.

Setelah ketemu Logo yang dicari, maka Anda bisa mengklik tombol Insert.

5.  Tambahkan Teks

Selanjutnya untuk menambahkan teks di dalam ID Card yang Kita buat. Caranya klik kanan pada gambar persegi panjang, lalu klik Add Text.

Setelah mengklik Add Text, Anda dapat mengetikkan data identitas untuk ID Card. Anda juga dapat menentukan jenis font, ukuran font, dan posisi paragraf pada kartu ID Anda.

Selain cara membuat id card panitia dengan microsoft word 2010, baca juga artikel microsoft word lainnya, Cara membuat header dan footer berbeda di setiap halam ms word.

Cara Membuat ID Card Panitia dengan Microsoft Word 2010 Untuk Banyak Orang

Jika kita hendak membuat ID Card Panitia untuk banyak orang bisa dilakukan dengan 2 cara di Ms Word

Menggunakan Fitur Salin dan Tempel

Setelah desain pertama jadi Anda bisa mengkopi dan mempaste untuk membuat ID Card berikutnya.
Tentunya jangan lupa mengubah tanda pengenal, nomor kepanitiaan dan data lainnya untuk pengguna yang baru.
Lakukan hal tersebut untuk semua data panitia yang ada sehingga nanti saat dicetak ukuran ID Card akan seragam.

Menggunakan Fasilitas Template ID Card

Perlu kami sampaikan bahwa cara membuat ID Card Panitia dengan Microsoft Word 2010 ini bisa juga dilakukan melalui menu template yang sudah disediakan. Namun kendalanya Anda membutuhkan koneksi internet untuk mendownload template yang sudah disediakan. Untuk membuatnya lakukan langakah berikut:

  • Setelah buka Microsoft Word klik Menu File
  • Pilih New , pilih Card
  • Akan tersedia ratusan template yang sudah disediakan oleh microsoft , pilih salah satu yang Anda suka
  • Kemudian pilih Create , maka proses download akan berjalan
  • Setelah selesai tinggal edit ID Card yang sudah terdownload dan cetak

Itulah ulasan tentang Cara Membuat Id Card Panitia dengan Microsoft Word 2010 yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Semoga bermanfaat bagi Anda dan saya ucapkan terima kasih.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *